Senin, 04 Mei 2015

teknologi dalam teknik sipil



Di zaman dahulu, terowongan dibuat dengan melubangi permukaan tanah dengan cangkul, mesin bor, sekop dan diperlukan banyak tenaga manusia yang biayanya tidak sedikit dan waktunya akan sangat lama. Namun hari ini, terowongan dapat digali lebih efisien berkat mesin canggih buatan Jepang yang disebut dengan Shield Tunneling Machine. Mesin ini akan menggali rute bawah tanah dengan mendorong terhadap tanah, membuat lubang secara horizontal di dalam tanah tanah, dan memperkuat dinding terowongan ketika mereka bergerak maju. Waktu yang dipergunakan juga akan dipersingkat dengan cara seperti ini, dan pekerjaan lebih aman dibandingkan dengan apa yag sering kita lihat dalam terowongan batu bara dalam tanah. Jepang dengan teknologi Shield Tunneling Machine ini adalah yang paling maju di dunia. Mesin buatan Jepang ini bahkan sangat presisi sehingga kita dapat membangun dua terowongan untuk jalur kereta bawah tanah yang dipisahkan oleh dinding beda 1 meter tebalnya.


Mesin Terowongan Berperisai atau Shied Tunneling Machine memiliki pisau di depan dan akan membangun dinding secara rapi dan terus maju sesuai dengan arah kendali. Mesin ini juga akan bekerja untuk mengeraskan dinding dengan knock-down concrete block dan melapisinya dengan beton cepat kering dan tahan akan rembesan air sebagai kelanjutannya.


Shield Tunneling Machine
Mesin ini juga yang telah digunakan dalam pembangunan Terowongan Channel di bawah Selat Dover, yang menghubungkan Inggris dengan Perancis yang dalamnya hampir 75 meter, selain yang juga digunakan untuk membangun sebuah terowongan kereta bawah tanah di bawah Selat Bosporus di Turki sedalam lebih dari 59 meter dari atas permukaan laut.
Teknik Pengeboran Terowongan
Di masa lalu, poros vertikal harus dibangun dulu sebelum mesin pembuat terowongan diturunkan ke bawah tanah guna memulai menggali terowongan horisontal. Tahukah kita bahwa menggali lubang-lubang vertikal yang dalam (misalnya 50 meter) akan menghabiskan biaya yang sangat banyak begitu juga dengan waktu. Lantas bagaimana caranya?


(1) buat lubang turun ke bawah, (2) putar mata bornya 90°, dan (3) jalankan bornya secara horizontal
Dengan cara seperti diatas masalah ini dapat dipecahkan, sedangkan alat yang diperlukan adalah Mesin yang Bor yang bisa diputar seperti gambar dibawah ini.

Rotating Shield Tunnel Machine ©Teisei Corporation, Japan
Pada ujung depan mesin ini ada rumah bentuk bola cutter. Rumah Bola Cutter tersebut mampu memutar sehingga mesin dapat membuat sudut 90 derajat. Sebuah mesin bor penggali terowongan horizontal akan mulai menggali di permukaan tanah dari samping alat tersebut. Dengan alat ini juga akan membuat pekerjaan pengeboran lebih mudah dan cepat, dan teknik seperti ini dapat digunakan untuk menghindari halangan-halangan yang berada di bawah tanah seperti pipa, terowongan lain, atau pondasi bangunan.


Nama lengkap : Prawira Wibiesono Mukti
NIM :5140811121



Tidak ada komentar:

Posting Komentar